SMK Negeri 1 Kalitengah Selenggarakan Workshop Pengembangan Platform Teknologi SMK Pusat Keunggulan

Dari kiri Kepala SMKN 1 Kalitengah H. Supa’at, S.Pd., M.MPd. Nara Sumber dari PT. Cipta Indo Buana H. Saifudin Wardhana, S.Sos. dan Waka Kurukulum Mat Rukun, S.Pd., S.ST., MM.

Majalah Cerdas – Jumat, 12 Nopember 2021, pukul 13.00 SMK Negeri 1 Kalitengah menyelenggarakan Workshop Pengembangan Platform Teknologi Program SMK Pusat Keunggulan yang diikuti oleh semua Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMK Negeri 1 Kalitengah dengan mengundang Narasumber H. Saifudin Wardhana, S.Sos. dari PT. Cipta Indo Buana Sebagai IT Director Surabaya, bertempat di ruang guru SMK Negeri 1 Kalitengah.

            Kegiatan ini termasuk kegiatan SMK Pusat Keunggulan dalam hal pengembangan teknologi khususnya Digital Marketing Strategi. Update Informasi dilakukan setiap saat ada kegiatan sekolah atau informasi penting lainnya. Selain Digital Marketing Strategi pada perkembangannya SMK Pusat Keunggulan juga mengembangkan berbagai Platform. Macam-macam Platform yang dikembangkan adalah Youtube, Instagram, Facebook, Tiktok, dan lain-lain. Platform pembelajaran pun juga ikut dikembangkan mulai dari penggunaannya untuk kegiatan rutin sekolah yaitu ujian akhir sekolah, pembelajaran berupa visual, kegiatan pembelajaran pengumpulan tugas sampai interaksi siswa lewat daring.

            Kegiatan workshop dipandu oleh Bapak Mat Rukun, S.Pd., S.ST., MM. wakil kepala sekolah urusan kurikulum dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan kepala sekolah, workshop, dan diakhiri penutupan dengan pembacaan doa oleh Bpak H. Sumali, S.Ag.

Serius, peserta workshop Pengembangan Platform Teknologi SMK Pusat Keunggulan di SMK Negeri 1 Kalitengah Lamongan

            Dalam sambutannya kepala SMK Negeri 1 Kalitengah, Bapak Supa’at, S.Pd., M.MPd. mengatakan bahwa teknologi merupakan hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan yang terjadi di dunia pendidikan. Oleh karena itu, sudah selayaknya pendidikan sendiri juga memanfaatkan teknologi untuk membantu pelaksanaan pembelajaran. Hal ini sesuai dengan pendapat Tondeur et al (dalam Selwyn, 2011) yang menyatakan bahwa teknologi digital kini sudah mulai digunakan di dalam lembaga pendidikan sebagai sarana untuk mendukung pembelajaran, baik sebagai alat informasi (yaitu sebagai sarana mengakses informasi) atau sebagai alat pembelajaran (yaitu sebagai sarana  penunjang kegiatan belajar dan tugas).

            Lebih lanjut Supa’at mengatakan bahwa teknologi dalam dunia pendidikan adalah suatu sistem yang dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran sehingga tercapai hasil yang diingingkan. Implementasi teknologi dalam pendidikan di Indonesia adalah teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, alat administratif, dan sumber belajar.

Dari Kiri Waka Humas Sumitro, S.Pd., M.MPd. dan Waka Kesiswaan Nur Cholis, S.Pd., M.Pd.

            Dalam paparannya narasumber Bapak H. Saifudin Wardhana, S.Sos. dari PT. Cipta Indo Buana Surabaya menyampaikan platform teknologi SMK Negeri 1 Kalitengah adalah sistem informasi yang memuat beberapa fitur atau aplikasi yang nantinya bisa di akes oleh guru, siswa dan tata usaha melalui gadget atau hanphone. Adapaun aplikasi yang dikembangkan meliputi : E-Payment (pembiayaan/keuangan), E-Learning (pembelajaran), E-Exam (ulangan/ujian), Kurikulum, Tata Usaha dan Sarapras. Aplikasi tersebut bertujuan untuk memudahSetelah paparan beliau memberi kesempatan dialog kepada peseta. Peserta yang memberikan respon adalah Bapak Husnul Hakim, S.Pd., Nur Cholis, S.Pd., M.Pd., Ekwanto, S.Pd., MM., dan Khoirul Huda, ST. Semoga hasil workshop  ini dapat diimplementasikan dalam pengelolaan SMK Negeri 1 Kalitengah dan terus dievaluasi agar selalu terjadi perubahan dan perbaikan untuk penyempurnaan proses penyelenggaraan selanjutnya. (Kontributor : NC/MR).

Related posts