UPACARA PERINGATAN HARI GURU NASIONAL DI SMK NEGERI 1 KALITENGAH

Majalah Cerdas – Hari Kamis tanggal 25 Nopember 2021 pukul 07.30 – 08.30 W.I.B. di Lapangan Indoor,  SMK Negeri 1 Kalitengah memperingati Hari Guru Nasional. Peringatan Hari Guru Nasional tahun ini bertepatan dengan HUT PGRI ke 76 Tahun 2021. Hadir dalam upacara tersebut Kepala Sekolah Bapak Supa’at, S.Pd., M.M.Pd., para Wakil Kepala Sekolah, Para Kepala Program Keahlian, Bapak/Ibu Guru dan Karyawan, Mahasiswa PKL Universitas Islam Lamongan, dan Siswa SMK Negeri 1 Kalitengah kelas X dan kelas XII. Siswa kelas XI tidak mengikuti upacara karena tengah PKL (Praktik Kerja Lapngan) di DU/Di.

Pembina Upacara HGN 2021 Bapak Taswan Yulianto, S.Pd.

            Bertindak sebagai  petugas upacara : Protokol  Erna Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembina Upacara Taswan Yulianto, S.Pd., Pemimpin Upacara Abdul Halim, M.Pd.,  Pengibar Bendera Sang Saka Merah Putih Ekwanto, S.Pd., M.M., Ziyadatur Rohmah, S.Pd., Carka, S.Pd.,  Pembaca Pembukaan UUD 1945 Nur Cholis, S.Pd., M.Pd. Pembawa Teks  Pancasila Ihya Ulumiddin, S.Pd., Perwira Upacara Syaiful, S.Pd., M.M., dan Pembaca Doa Sumali, S.Ag. Rangkaian acara pada Upacara Peringatan Hari Guru Nasional  di atas diselingi dengan menyanyikan secara bersama-sama Lagu Indonesia Raya, Lagu Hymne Guru, Lagu Terima Kasih Guru yang dipandu Riska Zurehah, S.Pd. 

            Bapak  Taswan Yulianto, S.Pd. sebagai Pembina Upacara  membacakan Pidato Mendikbud Ristek yang intinya kendati dunia pendidikan dilanda pandemi covid-19 lebih kurang  selama dua tahun tetapi pembelajaran tetap berjalan melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Motivasi guru dan siswa dalam pembelajaran tidak patah justru menyalakan obor perubahan.  Dan hal ini merupakan cikal bakal merdeka belajar dari sebuah kebijakan menjadi  menjadi suatu gerakan. Gerakan ini makin kuat karena ujian yang kita hadapi bersama karena gerakan ini hidup dalam setiap insan guru yang punya keberanian untuk melangkah ke depan menuju satu tujuan utama yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Diakhir sambutan Taswan berpesan, “Kepada anak-anak saya di SMK Negeri 1 Kalitengah marilah kita senantiasa menghormati guru kita. Guru-guru dari pertama kali kita belajar di tingkat apapun sampai berakhirnya masa belajar kita. Semua adalah guru-guru kita. Filosofinya adalah,  hanya pacar yang boleh mantan tapi tidak ada kata mantan bagi seorang guru”. Pesan beliau spontan disambut dengan menggemanya teriakan dan riuh-renyuhnya tepukan siswa dan peserta upacara.

Siswa SMK bersalaman dengan Bapak/Ibu Guru diwarnai dengan perasaan haru dan isak-tangis

            Pemberian ucapan selamat dan penghargaan oleh Kepala Sekolah diberikan kepada Guru Senior Bapak Drs. Lik Yam Turkamun, M.Pd. Tidak ketinggalan guru dan siswa juga ikut memberikan ucapan selamat  dan pemberian cinderamata kepada Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru dan karyawan SMK Negeri 1 Kalitengah yang diwarnai dengan perasaan haru dan isak-tangis yang menggema dan menggelora  sehingga tak terbendung air mata meleleh membasahi pipi.

            “Selamat hari guru tahun 2021. Hari Guru Nasional menjadi bentuk penghormatan dan apresiasi kepada guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa dan terima kasih atas jasa-jasanya yang mengharumkan nama baik SMK Negeri 1 Kalitengah”. (Kontributor NC/MR)

Related posts