https://uni.sesc.com.br/rajaslot303/https://kinerja.umpo.ac.id/assets/product/https://singbar.singkawangkota.go.id/img/sgacor/
slot danaslot danarajaslot303selotgacorkupastigacor88pastigacor88slot gacorhttps://wisata.rembangkab.go.id/wp-includes/ads/https://digilib.unjani.ac.id/wp-content/system/https://newepaper.jawapos.co.id/css/https://infrastruktur.karanganyarkab.go.id/files/ads/
LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA (LDKS) OSIS & MPK SMK NEGERI 1 KALITENGAH PERIODE 2023-2024 – SMKN I KALITENGAH
Info Sekolah
Sabtu, 15 Jun 2024
  • CERDAS : Competent, Entrepreneurship, Religius, Discipline, Attitude, Success
  • CERDAS : Competent, Entrepreneurship, Religius, Discipline, Attitude, Success

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA (LDKS) OSIS & MPK SMK NEGERI 1 KALITENGAH PERIODE 2023-2024

LDKS merupakan singkatan dari Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. LDKS merupakan pelatihan dasar untuk siswa yang berkaitan dengan kepemimpinan. Dengan menumbuhkan rasa kepemimpinan pada siswa, mereka bisa melatih mental, dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan, sehingga mereka siap dan memiliki dasar yang dibutuhkan jika dikemudian hari mereka menjadi seorang pemimpin.  Kepemimpinan adalah cara untuk mempengaruhi orang lain, bisa di luar, atau di dalam organisasinya. Pernyataan itu dikatakan oleh Encep Syarifudin di dalam Jurnal Al-Qalam 474 Vol. 21, No. 102, Desember tahun 2004.

Ada beberapa kegiatan yang didapatkan selama kegiatan latihan dasar kepemimpinan siswa, misalnya pada aspek afektif adalah kegiatan outbond, aspek kognitif kegiatan penyampaian teori, sedangkan pada aspek psikomotorik menggunakan kegiatan praktik. Dalam LDKS tahun 2023 ini bertemakan : “Building Leadership With Character, Integrity, Courage, and Critical Thinking To Be a Good Leader Through Basic Leadership Training“ (Membangun Kepemimpinan yang Berkarakter, Berintegritas, Berani dan Kritis Untuk Menjadi Pemimpinan yang Baik Melalui Pelatihan Dasar Kepemimpinan)

Tujuan Kegiatan LDKS

Kegiatan LDKS memiliki tujuan:

  1. Siswa bisa memiliki pemahaman dan keterampilan yang baik. 
  2. Siswa diharapkan bisa mempunyai karakter seorang pemimpin yang bisa tegas dalam mengambil keputusan, dan berpikir tenang  dalam situasi apapun, bahkan bisa semangat melindungi tanah air Indonesia, karena mereka generasi penerus bangsa.
  3. Siswa bisa lebih berani dalam bertindak, dan menyuarakan aspirasi yang membangun kepada pihak sekolah, maupun pihak lainnya.
  4. Siswa yang mengikuti aktivitas LDKS sangat diharapkan bisa dan tahu bagaimana berorganisasi yang baik. Mereka juga memiliki pengalaman yang mengesankan, bermanfaat diluar dari pelajaran akademik yang didapatkan sehari-hari. 
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar